Senin, 23 Mei 2011

Kembali Belajar Berkata-kata

Sabtu, 15 Mei 2011

Kembali Belajar Berkata-kata

Oleh: Mohamad Istihori

Tidak semua orang mampu mengontrol dengan baik kata-kata yang ia keluarkan dari mulutnya. Tidak semua dari kita antara sistem syaraf di otaknya memiliki persesuaian dengan kata-kata yang ia ucapkan. Demikian ujar EAN dalam salah satu tausyiahnya.

Oleh karena itu, pertama, biar bagaimanapun kita harus memberikan ruang dan waktu untuk siapa saja berbicara pada forum Muhadhoroh ini.

Sebagai sesama sahabat dan karena kita juga di sini sebagai sebuah keluarga Madani maka kita harus berjiwa besar dan berlapang dada untuk mendengarkan segala apa yang disampaikan oleh teman-teman kita nanti.

Kedua, karena itu tadi, tidak semua orang bersesuaian antara apa yang ia pikirkan dengan apa yang ia ucapkan maka kita butuh latihan. Karena seperti pemain bola yang hebat itu bukan pemain yang terlatih melainkan pemain yang tidak pernah lelah berlatih.

Kita bermuhadhoroh ria tiap malam minggu di Madani ini di antara maksudnya bagi saya adalah agar kita benar-benar mampu mengontrol setiap kata sebelum ia "dilahirkan" oleh mulut kita.

Hal ini besar kemungkinan tercapai karena dalam muhadhoroh kita belajar berkata-kata secara tertata dan tersusun rapih terutama dan tentu saja untuk menguji seberapa interaktifkah kita dalam mengkonsumsikan pemikiran, ide, gagasan, atau cerita yang sedang kita sampaikan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar