Kamis, 04 Juni 2009

JIL Bab

Rabu, 270509

JIL Bab

Oleh: Mohamad Istihori

Pada sebuah media dikabarkan bahwa sebagian kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) lebih tertarik untuk memilih pasangan Jusuf Kalla (JK)-Wiranto atau JK-Win dengan alasan karena para istri pasangan tersebut mengenakan jilbab. Alasan ini menarik perhatian saya sehingga saya pun terdorong untuk menuliskannya.

Jilbab bagi seorang wanita memang adalah sebuah kewajiban dalam Islam. Jilbab adalah simbol kemerdekaan dan kebebasan seorang perempuan mengalahkan ego dan hawa nafsunya. Jilbab, bagi saya, juga adalah lambang kepatuhan seorang hamba kepada Tuhannya.

Bukan gara-gara karena suami hendak mencalonkan diri jadi capres atau cawapres tiba-tiba ke mana-mana memakai jilbab. Jilba itu bukan busana arisan atau kondangan. Banyak anak perempuan yang terpaksa memakai jilbab karena aturan sekolah, takut sama orang tua, atau pimpinan pondok pesantrennya.

Maka sangatlah tidak pas rasanya kalau kita memilih capres-cawapres hanya berdasarkan karena para istri mereka mengenakan jilbab. Tanpa memikirkan dan mempertimbangkan hal lain yang lebih substansial.

Saya bukan ingin beropini bahwa mempertimbangkan jilbab bukan merupakan hal yang penting hanya saja kalau kita perhatikan gejala wanita sekarang mereka yang memakai jilbab belum tentu memiliki pemahaman tentang jilbab itu sendiri. Sehingga hanya fisiknya saja yang memakai jilbab. Namun hati dan akalnya belum menjamin juga “dijilbabi”.

Dan, di saat lain banyak wanita yang sampai hari ini belum mengenakan jilbab bukan berarti karena mereka menganggap memakai jilbab itu tidak wajib. Tapi karena banyak dimensi dan alasan sosial yang menjadikan mereka sampai hari ini belum memakai jilbab.

Hidup begitu luas. Melihatnya harus memakai kaca mata multidimensi agar kelak kita tidak kecele oleh hal-hal yang formal dan fisik. Jadi mulai hari ini mari kita belajar kembali untuk bersama-sama maupun sendiri-sendiri memaknai jilbab secara hakikat agar kalau sudah memakai jilbab kita benar-benar mengerti alasannya kenapa kita memakainya. Dan, bagi mereka yang belum memakai jilbab bisa menemukan jalan hidayah untuk menjadi muslimah dan sholehah. Amin (tanpa Rais..)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar