Selasa, 05 Januari 2010

Taufik-Hidayah

Jati Negara, Senin, 04 Januari 2010

Taufik-Hidayah

Oleh: Mohamad Istihori

"Mengapa para kiai, guru-guru, atau penceramah dalam setiap penutup ceramahnya selalu mengatakan billahit taufiq wal hidaayah?" ujar Muhammad Ainun Nadjib dalam pada suatu malam saat acara "Kenduri Cinta (KC)".

Seseorang yang low profile high product itu mencoba menerangkan kepada Jama'ah KC tentang "mengapa dalam setiap penutup ceramah para penceramah selalu mendahulukan ucapan taufik baru kemudian hidayah?"

Hal ini dikarenakan taufik itu adalah petunjuk yang didapatkan oleh seseorang tanpa bantuan dan keterlibatan orang lain. Sedangkan hidayah tidak akan didapat seseorang kecuali melalui pergumulan seseorang dengan makhluk Allah yang lainnya. Terutama dengan manusia selain dirinya.

Seorang yang tidak juga akan mendapatkan hidayah kalau ia tidak setia terhadap taufik yang telah ia dapatkan. Atau dengan kata lain kita juga bisa mengatakan bahwa taufik itu bersifat individual sedangkan hidayah petunjuk yang bersifat kolektif dan sosial.

Oke sidang pembaca sekalian, akhirul kalam, bilaahi taufiq wal hidayah. Wassalammu'alaikum wa rahmatullahi wa barokaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar