Senin, 10 September 2012

Our Children Our Future (Dimensi Psikoreligi pada Tumbuh Kembang Anak dan Remaja Edisi II)


Our Children Our Future
(Dimensi Psikoreligi pada Tumbuh Kembang Anak dan Remaja Edisi II)

Judul : Our Children Our Future (Dimensi Psikoreligi pada Tumbuh Kembang Anak dan Remaja Edisi II)
Pengarang : Prof. Dr. dr. H. Dadang Hawari, Psikiater
Penerbit : Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
Tahun Terbit : 2012
Tempat Terbit : Jakarta
ISBN : 978-979-496-766-9

Setiap orang tua mendambakan anak-anaknya tumbuh kembang dengan sehat secara paripurna, yaitu sehat dalam arti fisik, social dan spiritual (bio-psiko-sosial-spiritual/BPSS, WHO 1984; APA, 1992; WPA, 1993). Anak adalah pewaris orang tua, oleh karena itu tepatlah kalau dikatakan “our children our future”.

Dalam buku ini dibahas tumbuh kembang anak dan remaja dari sudut fisik (biologik), psikologik, sosial dan spiritual (agama), dan hal-hal yang dapat menghambat perkembangan anak dan remaja. Misalnya, perilaku menyimpang seperti kenakalan remaja, pergaulan bebas berikut akibat-akibatnya (kehamilan di luar nikah, aborsi, penyakit kelamin, termasuk HIV/AIDS), penyalahgunaan miras dan narkoba (NAZA) dan lain sebagainya.

Peranan orang tua (ayah dan ibu) dalam menciptakan  keluarga yang harmonis (sakinah, mawaddah, dan rahmah) menjadi amat penting dalam rangka menekan seminimal mungkin resiko anak berperilaku menyimpang. Dibahas juga doa dan zikir orang tua menghadapi anak dan remaja yang sedang bermasalah.

Prof. Dr. dr. H. Dadang Hawari, Psikiater adalah nama yang tidak asing lagi di kalangan pemerintah, ilmuwan, agamawan maupun masyarakat awam. Seorang Guru Besar pada Fakultas Pascasarjana Universitas Indonesia. Beliau adalah pembicara baik di dalam maupun di luar negeri, ilmiah maupun popular mengenai masalah-masalah psiko-sosial, sebagai narasumber di berbagai media cetak dan elektronik, tidak menjadikan kesibukannya terganggu untuk menjadi seorang da’i yang handal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar