Senin, 10 September 2012

Psikopatologi Perilaku Pejabat dalam Praktek KKN (Perspektif Kesehatan Jiwa dan Agama)


Psikopatologi Perilaku Pejabat dalam Praktek KKN
(Perspektif Kesehatan Jiwa dan Agama)

Judul : Psikopatologi Perilaku Pejabat dalam Praktek KKN (Perspektif Kesehatan Jiwa dan Agama)
Pengarang : Prof. Dr. dr. H. Dadang Hawari, Psikiater
Penerbit : Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
Tahun Terbit : 2011
Tempat Terbit : Jakarta
ISBN : 978-979-496-758-4

Perilaku para politisi dan pejabat selama ini sudah sangat keterlaluan. Justru mereka berpendidikan dan beragama, tahu soal hukum, tahu bahwa KKN itu melanggar hukum, tetapi mengapa mereka melakukannya juga?

Buku ini mengupas perilaku politisi dan pejabat dari sudut psikopatologi yang mengarah pada sindrom Skizofrenik dan berakibat pada sindrom Titanic. Terkesan mereka mengalami splitting of personality atau kepribadian ganda. Politisi dan pejabat dengan kepribadian ganda ini seringkali berperilaku yang disebut standar ganda, tindakannya mendua, sikapnya bermuka dua, hipokrit atau munafik. Artinya, kalau berbicara bohong, kalau berjanji tidak ditepati, kalau diberi amanah berkhianat. Satu katanya tidak sesuai dengan perilakunya (tidak konsisten, tidak istiqomah), atau dalam bahasa sederhana disebut “maling teriak maling”.

Apa yang mereka alami adalah krisis iman. Politisi dan pejabat yang beriman tentulah tidak akan berbuat KKN karena Allah SWT Maha Mengetahui, malaikat mencatat dan perbuatan KKN itu akan dipertanggung-jawabkan kelak di kemudian hari (hari kiamat, judgment day).

Prof. Dr. dr. H. Dadang Hawari, Psikiater adalah nama yang tidak asing lagi di kalangan pemerintah, ilmuwan, agamawan maupun masyarakat awam. Seorang Guru Besar tetap pada Fakultas Pascasarjana UI yang mempelopori integrasi antara ilmu kedokteran, khususnya ilmu kedokteran jiwa/kesehatan jiwa dan agama; selain daripada itu beliau dikenal pula sebagai seorang da’i.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar