Senin, 10 September 2012

Pendekatan Psikoreligi pada Homoseksual


Pendekatan Psikoreligi pada Homoseksual

Judul : Pendekatan Psikoreligi pada Homoseksual
Pengarang : Prof. Dr. dr. H. Dadang Hawari, Psikiater
Penerbit : Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
Tahun Terbit : 2009
Tempat Terbit : Jakarta
ISBN : 978-979-496-642-6

Homoseksual merupakan masalah psikososial di negara-negara maju dan sekuler. Banyak di antara mereka yang menganggap penyimpangan seksual ini bukan merupakan suatu kelainan. Mereka membuat gerakan-gerakan sosial maupun politik untuk mendapatkan pengakuan dengan alasan HAM.

Buku ini mengupas homoseksualitas dengan pendekatan psikoreligi. Dari segi psikoreligi jelas bahwa homoseksualitas menyalahi fitrah dan kodrat manusia, serta tidak ada pembenaran dalam agama. Mereka yang mempraktekkan homoseksual mendapat peringatan dari Allah SWT.

Kalau dahulu mereka itu mendapat peringatan dalam bentuk bencana alam sebagaimana peristiwa Laut Mati (Sodom dan Gomorah) serta meletusnya Gunung Vesuvius di Kota Pompei, kini peringatan itu dalam bentuk penyakit HIV/AIDS yang sudah merupakan “global effect”. Hingga saat ini belum ada ditemukan pengobatannya dan cara paling efektif menghindari penularannya adalah dengan cara tidak melakukan perzinahan.

Jalan keluar yang ditawarkan dalam buku ini adalah terapi psikiatrik dan agama. Bahwa dengan kembali ke jalan yang benar, berobat dan bertobat kesempatan bagi mereka yang bermasalah dapat diatasi.

Prof. Dr. dr. H. Dadang Hawari, Psikiater adalah nama yang tidak asing lagi di kalangan pemerintah, ilmuwan, agamawan maupun masyarakat awam. Seorang Guru Besar tetap pada Fakultas Pascasarjana UI yang mempelopori integrasi antara ilmu kedokteran, khususnya ilmu kedokteran jiwa/kesehatan jiwa dan agama; selain daripada itu beliau dikenal pula sebagai seorang da’i.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar