Jumat, 21 Agustus 2009

Poin-poin "Kenduri Cinta" dengan Tema "Regenerasi Jasad"

Jum'at, 14 Agustus 2009

Poin-poin "Kenduri Cinta" dengan Tema "Regenerasi Jasa"

Oleh: Mohamad Istihori

1.
Forum-forum silaturahmi seperti ini harus terus-menerus kita selenggarakan. Karena tanpa adanya silaturahmi kita akan banyak mengalami peristiwa-peristiwa yang kontra produktif.

Rosulullah bersabda, "Tidak dikatakan beriman seorang muslim sehingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri."

Karena kalau dasarnya kita cinta maka apapun yang kita lakukan akan terasa ringan, tanpa ada prasangka-prasangka jelek dan "curigation" alias rasa curiga. Bayangkan kalau sesuatu dilakukan tanpa rasa cinta maka apapun yang kita lakukan, seringan apapun pekerjaan itu akan terasa berat dan ngebetein.

2.
Benar adalah sesuainya pernyataan dengan kenyataan.

3.
Proses komunikasi akan terjadi jika ada sinergi antara jasad yang satu dengan jasad yang lain.

4.
Frustasi adalah harapan kurang kenyataan.
Frustasi adalah segala harapan yang kita miliki namun sampai hari ini kita tak kunjung mampu menggapainya. Maka kalau kita mau hidup tenang, kita harus berpikir spiritual bukan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan jasad kita.

5.
Iblis memiliki dua senjata pamungkas yang bisa menghancurkan hidup kita tanpa ia bersusah payah menggoda manusia. Pertama, kelengahan manusia. Kedua, kesombongan manusia.

6.
Dalam Islam jasad/nafsu tidak dibunuh sebagaimana yang dilakukan sebagian orang Hindu, Budha, dan Kristen. Dalam Islam jasad/nafsu dikendalikan. Maka jangan terjebak ke dalam jasad tapi juga jangan menafikannya.

7.
Nafsu itu ada dua. Pertama nafsu hewani. Kedua nafsu insani.

8.
Setiap orang berhak membangun tarikat atau jalannya menuju Allah berdasarkan keyakinannya sendiri, berdasarkan ilmu dan pengalaman hidup yang ia alami.

9.
Tarikat adalah jalan yang dibangun oleh seseorang untuk bertemu dengan Tuhannya yang tentu saja harus melalui perjuangan besar. Perjuangan memanange hati merupaka perjuangan yang besar.

10.
Setiap hati yang sejati selalu merindukan keindahan.

11.
Sabar itu berhubungan dengan waktu. Karena sabar tidak dibatasi waktu maka sabar sangat menguras semua energi yang ada di dalam batin kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar