Jumat, 24 Juli 2009

Panjang Kali Lebar Sama dengan Luas

Sabtu, 25 Juli 2009

Panjang Kali Lebar Sama dengan Luas

Oleh: Mohamad Istihori

Dalam menjalin dan mengamalkan cinta rahman dan rahim diperlukan rumus atau formula yang bisa membuat kita lebih meresapi makna cinta rahman dan rahim. Melalui pengajian Kiai Jihad dini hari ini saya mendapat inspirasi untuk mengembangkan dan mengeksplorasi rumus matematika yang -kalau tidak salah- kita sudah mendapatkannya di bangku sekolah dasar.

Rumus yang saya maksud adalah bahwa panjang kali lebar sama dengan luas berarti panjang mewakili kevisioneran sebuah hubungan. Dalam menjalin sebuah hubungan hendaklah kita berpikir panjang dan jauh ke depan. Bukan hanya mencari senangnya saja. Begitu senang hubungan solid bin kompak eh pas ada sedikit masalah malah bubaran.

Sifat panjang harus "dikawinkan" dengan lebar. Lebar menggambarkan bahwa kita tidak mengekang pasangan kita untuk melebarkan sayapnya meraih asa dan citanya. Dengan sifat lebar ini maka kita tidak akan mudah dan gampang curigalah, cemburulah, atau khawatirlah ketika kita berjauhan dengannya.

Apalagi sisi perempuan adalah kebebasan. Maka sebagai pasangan seorang lelaki hendaknya memberikan kebebasan, kelebaran, atau kelonggaran kepada pasangannya untuk menjadi dirinya sendiri.

Kalau rumus panjang kali lebar ini benar-benar dikalikan, di-combine, diracik, diramu, dimasak, untuk kemudian dimatangkan maka sebuah hubungan akan melahirkan keluasan, kelapangan, dan kenyamanan.

Setiap orang butuh ruangan yang cukup luas untuk mengekspresikan dirinya, mengeksplor bakat alaminya yang mungkin saja akan terus-menerus terpendam kalau tidak diberi ruang, dan juga butuh ruang yang luas agar ia mendapatkan cukup oksigen untuk bernafas.

Demikianlah matematika cinta dasar dari Kiai Jihad yang bisa dijadikan fondasi untuk melanggengkan sebuah ikatan pertalian cinta rahman dan rahim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar