Jumat, 24 Juli 2009

Sebagai Orang Tua

Jum'at, 24 Juli 2009

Sebagai Orang Tua

Oleh: Mohamad Istihori

Sebagai orang tua, kita tidak dibenarkan menuruti ego kita dengan mengorbankan kebahagiaan anak kita sendiri. Karena itu sama saja mencakar dan mencabik daging dalam tubuh kita sendiri.

Sebagai orang tua kita bukan tidak pernah punya salah. Namun sebagai orang tua kita memang sudah semestinya mengakui kesalahan kita sendiri untuk kemudian memperbaiki diri. Bukan sudah salah eh malah melakukan pmbelaan.

Sebagai orang tua kita tidak semestinya bersikap semena-mena. Memaksakan kehendak kepada anak tanpa berusaha terlebih dahulu untuk semaksimal mungkin mengkomunikasikan, mencocokkan, mendialogkan, dan mendiskusikan keinginan kita dengan keinginan anak.

Iya kalau keinginan kita dengan keinginan anak klop, bagaimana kalau apa yang kita inginkan ternyata kontradiktif dengan keinginan anak? Apa iya kita memaksakan keinginan kita atau ego kita tanpa peduli keinginan anak?

Harus dicari jalan tengah dan solusi yang disepakati kedua belah pihak. Tidak boleh ada pihak yang memaksa dan merasa terpaksa dalam menjalankan kesepakatan yang dihasilkan melalui jalan musyawarah itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar