Selasa, 29 Desember 2009

Life Inspiration and Mental Revolution

Kepulauan Seribu, Jum'at, 25 Desember 2009

Life Inspiration and Mental Revolution

Oleh: Mohamad Istihori

Judul tulisan ini sebenarnya saya dapatkan dari perkataan saudara seagama yang kami berdua belum pernah bertatap muka namun saya baca tulisannya yang kemudian saya kembangkan sendiri.

Life inspiration and mental revolution merupakan dua hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang. Siapa saja dan di mana saja berada.

Inspirasi merupakan sumber kehidupan manusia. Kita bisa mendapatkan inspirasi dari apa saja yang kita temukan dalam kehidupan. Semua tergantung dari seberapa rajin dan tekunkah kita mengasah receiver kita agar selalu mendapatkan inspirasi.

Inspirasi yang kita dapatkan yang kemudian kita "masak" sampai matang dan kita share kepada orang lain dan diterima inilah yang kemudian disebut aspirasi.

Setiap peristiwa dan kejadian yang kita alami mengandung hikmah. Inti hikmah hidup yang kita renungkan menjadi inspirasi bagi kita. Namun tidak semua orang bisa mengolah inspirasi yang ia dapat menjadi aspirasi. Karena tidak semua orang bisa menuangkan inspirasinya menjadi sebuah karya nyata.

Sebagaimana pencipta lagu menuangkan inspirasi yang ia dapat ke dalam sebuah lagu. Lagu kemudian diapresiasi oleh pendengar. Jika lagu tersebut disukai maka ia bisa menjadi aspirasi bersama antara pencipta lagu, penyanyi, dan tentu saja para pendengar yang menyukai lagu tersebut.

Begitu pula penyair, pujangga, dan penulis menuangkan inspirasinya ke dalam kata-kata yang penuh hikmah. Peneliti menuangkan inspirasinya melalui karya ilmiah dan penemuan-penemuan baru.

Tapi semua inspirasi itu harus dijaga, dirawat, dan dikembangkan dengan penuh kesungguhan. Kalau kita merasa puas maka kita akan kehilangan semangat untuk terus-menerus menggali pengetahuan dan tidak akan lagi ada penemuan baru.

Inilah kemudian yang menjadikan faktor mengapa revolusi mental harus dilakukan. Revolusi merupakan sebuan istilah yang terdiri dari dua kata: re dan evolusi.

Re artinya kembali atau mengulangi. Dan, evolusi adalah perubahan yang dilakukan untuk beradaptasi dengan lingkungan.

Revolusi adalah sebuah usaha adaptasi yang dilakukan terus-menerus dan berulang-ulang agar kita mampu memaksimalkan potensi lingkungan yang berada di sekitar kita.

Namun yang harus diubah pertama-tama bukanlah yang ada di luar diri kita. Yang pertama-pertama harus diubah dan yang harus direvolusi adalah mental kita.

Ibda binafsik. Mulailah (lakukan revolusi) dari dirimu sendiri (dari mentalmu, kepribadianmu, akhlakmu, atau kelakuanmu).

Mari kita inspirasikan hidup dengan selalu melakukan revolusi atas mental kita agar setiap hari kita selalu memiliki semangat dan motivasi untuk terus-menerus belajar, menggali hikmah, dan bekerja keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar