Minggu, 27 Desember 2009

Mencari Bentuk-bentuk Komunikasi

CBS, Sabtu, 191209

Mencari Bentuk-bentuk Komunikasi

Oleh: Mohamad Istihori

Dalam pergaulannya manusia tidak akan pernah bisa lepas dari yang namanya komunikasi. Komunikasi memiliki peran vital bagi manusia dalam menjalin relasi, silaturahmi, dan hubungan kehidupan dalam bentuk apa pun.

Masalah komunikasi yang biasa muncul adalah adanya bentuk komunikasi yang berbeda antara satu orang dengan orang lain dengan berbagai macam latar belakang yang dimiliki oleh setiap individu.

Ketika seseorang merasa enggan untuk mempelajari perbedaan bentuk komunikasi maka dia akan merasa sangat kesulitan untuk menjalin jaringan sosial dengan lingkungannya.

Dengan orang normal saja kita harus belajar dengan sungguh-sungguh untuk mencari bentuk-bentuk komunikasi yang pas agar apa yang kita sampaikan bisa terkomunikasikan dengan baik sesuai dengan apa yang kita harapkan dan sejalan dengan apa yang kita pikirkan.

Apalagi kalau kita berkomunikasi dengan "teman-teman kita yang luar biasa", teman-teman kita yang menjadi korban NAZA, dan skizofrenia.

Berkomunikasi dengan mereka dibutuhkan keseriusan, kreativitas, kejujuran, dan improvisasi. Kalau cara berkomunikasi kita monoton, monolog, dan hanya satu arah maka mereka tidak akan merespon.

Jangankan kalau cara kita berkomunikasi dengan bentuk yang begitu-begitu saja, yang berkomunikasinya dengan penuh improvisasi aja kadang dicuekin.

Indonesia sebenarnya sangat kaya dengan bentuk-bentuk komunikasi sesuai dengan adat yang berlaku di daerah masing-masing. Secara bahasa saja, Indonesia sangat beragam dan bermacam.

Andai saja kita mau menggalinya maka kita tidak akan pernah kehabisan ide dan inspirasi untuk terus-menerus belajar dan mencari bentuk-bentuk komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar