Kamis, 10 Desember 2009

Penyebar Salam

Persada-Halim, Senin, 301109

Penyebar Salam

Oleh: Mohamad Istihori

Rosulullah Muhammad saw pernah bersabda: ufsuus salaam bainakum. "Sebarkanlah salam di antara kamu sekalian."

Sah-sah saja kemudian kalau setiap orang, pihak, individu, atau organisasi memiliki persepsi, pemikiran, pendapat, opini, atau tafsir yang berbeda-beda mengenai kata as-salam dalam hadits tersebut.

Ada yang mengartikan kata salam secara harfiahnya saja. Sehingga setiap mereka bertemu dengan sesama mereka merasa saling berkewajiban memberi dan menjawab salam.

Jadi kira-kira arti hadits di atas menurut pemahaman pertama adalah "sebarkanlah salam di antara kalian" dengan maksud setiap kali bertemu mereka berlomba untuk lebih dulu mengucapkan, as salaamu'alaikum wa rahmatullahi wa barokaatuh. "Semoga rahmat dan barokah Allah senantiasa tercurah atas kamu sekalian."

Kemudian orang yang mendengar salam tersebut diwajibkan menjawab, wa 'alaikummus salaam wa rohmatullahi wa barokaatuh. "Dan, semoga juga rahmat serta barokah Allah senantiasa tercurah atas kamu sekalian."

Ada juga yang mengartikan as salam secara lebih luas. Pendapat kedua mengatakan bahwa salam berarti perdamaian. Jadi ufsuus salam bainakum bagi mereka berarti sebarkanlah perdamaian di antara kamu sekalian.

Jadi orang yang sukanya perang, saling membenci, menyebarkan ketakutan, menyebarkan teror, saling fitnah satu sama lain, dan saling curiga berarti mereka sesungguhnya tidak menjalankan ajaran Muhammad saw.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar