Rabu, 13 Mei 2009

Diselipin Disiplin

Selasa, 120509

Diselipin Disiplin

Oleh: Mohamad Istihori

Setiap tempat memiliki disiplin yang harus dipatuhi. Meski terkadang tidak semua disiplin dituangkan dalam aturan tertulis. Ada beberapa tempat, lembaga, dan organisasi yang menggantungkan penegakan disiplin hanya berdasarkan kelembutan hati para penghuninya.

Beruntunglah para penghuni tempat ini. Karena mereka tidak membutuhkan kekerasan fisik untuk mematuhi aturan.

"Punishment" yang diberikan kepada para pelanggar hanya berupa satir atau sindiran-sindiran yang disampaikan secara langsung atau tidak langsung.

Penegakan disiplin berdasarkan kelembutan hati sangat mengandalkan kedewasaan, kejernihan berpikir, dan kejujuran segenap penghuni tempat tersebut.

Ada juga tempat yang mengandalkan kekerasan fisik demi tegaknya peraturan. Kesalahan kecil bisa berakibat fatal. Kekerasan menjadi sesuatu yang sangat lumrah di tempat ini.

Tidak ada lagi bujuk rayu. Ajakan berupa pukulan dan hantaman. Wah pokoknya, betapa sengsaranya para penghuni tempat ini.

Semoga tempat kita adalah tempat di mana tinggal di dalamnya manusia-manusia berhati lembut. Sehingga untuk menegakan peraturan yang telah disepakati bersama tidak perlu kekerasan sebagai senjata utamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar