Senin, 04 Mei 2009

Tiga Jenis Panggilan

Selasa, 050509

Tiga Jenis Panggilan

Oleh: Mohamad Istihori

Ada tiga jenis panggilan yang hakikatnya oleh Allah namun secara syari'at dilakukan oleh pihak tertentu yang diamanatinya.

Pertama panggilan sholat oleh mu'adzin (orang yang adzan). Setiap mukmin pasti akan terpanggil jiwanya ketika mendengarkan adzan. Kecuali jika imannya sedang turun, jiwanya ngedrop, dan malas telah merajai seganap dirinya.

Kedua panggilan haji oleh Nabi Ibrahim. Nanti pada tulisan berikut saya akan memaparkan tiga jenis haji (Haji Nisab, Nasab, dan Nasib).

Ketiga panggilan mati oleh malaikat Izrail (malaikat maut). Kalau panggilan sholat atau haji kita mungkin bisa mengelak, masih bisa sembunyi. Tapi kalau sudah dipanggil oleh kematian siapa pun orangnya nggak akan bisa menghindar.

Orang yang selalu mengelak ketika dipanggil untuk sholat dan haji biasanya ketika dipanggil oleh kematian dia tidak akan rela. "Iya kalau bisa jangan sekarang kek. Masih banyak ini-itu yang belum saya lakukan."

Matinya tidak pasrah sebagaimana yang difirmankan Allah: "Wa laa tamuutunna illa wa antum muslimuun." "Dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan memasrahkan diri."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar