Jumat, 01 Mei 2009

Siapa Tuhan, Siapa Hamba Sih?

Sabtu, 0200509

Siapa Tuhan, Siapa Hamba Sih?

Oleh: Mohamad Istihori

Sebenarnya siapa yang Tuhan dan siapa yang hamba sih? Kita tentu menjawab penuh dengan keyakinan bahwa yang Tuhan adalah Allah. Sedangkan yang hamba adalah manusia.

Nah, kalau memang demikian keyakinan kita maka pertanyaan selanjutnya adalah yang mesti mengikuti keinginan itu: Allah sebagai Tuhan mengikuti keinginan kita atau kita sebagai Hamba yang mengikuti keinginan Allah?

Tentunya kitalah sebagai hamba-Nya yang seharusnya mengikuti keinginan Allah. Jangan malah Allah kita paksa mengikuti keinginan kita.

Karena jelas rumusnya, barang kali yang kita sukai belum tentu baik menurut Allah dan mungkin saja yang kita benci itu justru yang baik menurut Allah.

Maka marilah kita terus belajar, belajar, dan belajar untuk memahami: sebenarnya apa sih yang Allah inginkan atas hidup kita di dunia ini?

Apa coba yang Allah inginkan atas hidup kita? Karena tentu saja yang Allah inginkan atas hidup saya itu berbeda dengan yang Allah inginkan atas hidup anda.

Dan, kalau kita memang benar-benar hamba, seorang pengabdi Allah maka kita akan selalu mengikuti keinginan Allah. Bukan kemauan kita, orang tua, atau siapa saja yang selain Allah.

Masalahnya sekarang kita tidak pernah menyisihkan waktu untuk membedakan mana keinginan Allah dan mana keinginan kita.

Kita sudah kehilangan semangat untuk belajar mengenai hal itu. Kita sudah sangat merasa nyaman dengan hidup yang serba instan.

Pokoknya yang penting kita senang, kita kaya, punya banyak harta, terkenal, punya rumah, kendaraan mewah, dan atribut-atribut keduniaan lain tanpa merasa perlu untuk meneliti apakah semua prestasi yang kita dapat atas perkenan Sang Maha Pemilik Segalanya itu semua atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar