Selasa, 12 Mei 2009

Zaman yang Memprihatinkan

Selasa, 120509

Zaman yang Memprihatinkan

Oleh: Mohamad Istihori

Yang memprihatinkan sekarang adalah orang lebih tertarik untuk hanya memperdalam ilmu yang ia minati saja tanpa berusaha melengkapi "pengetahuan umumnya" dengan ilmu fiqih.

Maka jangan heran kalau kita melihat para pejuang demokrasi misalnya, "blepetan" sholat dan wudhunya. Ada para peneliti yang terbata-bata bacaan Fatihahnya.

Banyak orang memandang belajar ilmu agama itu tidak penting. Karena tidak menghasilkan uang, tidak komersil, dan susah untuk cari kerja dan diperjual-belikan.

Beda dengan kalau kita jago ilmu Akutansi misalnya. Kita merasa aman karena akan mudah cari kerjaan. Orang tua juga lebih bangga kalau anaknya pintar ilmu pengetahuan umum daripada ilmu agama.

Sebenarnya nggak salah sih belajar ilmu pengetahuan umum. Yang salah adalah jika kita merasa bahwa ilmu agama itu tidak perlu dipelajari sungguh-sungguh.

"Ngapain sih lu ngaji aja ngaji? Apa nggak ada kerjaan lain apa?" demikian ucapan kaum yang merasa bahwa ngaji itu nggak penting-penting banget sehingga nggak perlu dipelajari dengan sungguh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar