Senin, 18 Mei 2009

Sang Pembaca Kehidupan

Senin, 180509

Sang Pembaca Kehidupan

Oleh: Mohamad Istihori

Sang pembaca kehidupan adalah seorang pembelajar. Ia tidak pernah sedetik pun berhenti membaca segala lembaran buku, peristiwa yang ada dihadapannya, atau ide-ide kreatif yang melintas dalam pikiran.

Ia tidak mengenal kehabisan ide untuk menulis atau merasa tidak perlu lagi ada yang patut dibaca. Karena yang ia baca bukan hanya buku. Ia membaca angin, hujan, orang sakit, capres-cawapres, dan apa saja yang Allah hadirkan dalam kehidupannya.

Baginya tidak ada kata, "Mungkin sekarang saya tidak perlu lagi menulis, membaca, atau belajar. Sekarang saya ingin fokus kerja atau ngurus anak."

"Lah emangnya kerja nggak perlu belajar? Emangnya ngurus anak nggak pake teori apa?"

Sang pembaca kehidupan bukannya meremehkan praktek atau turun langsung merasakan sebuah peristiwa di lapangan sehingga berlama-lama mempelajari teori.

Ia juga bukan tipe orang yang modalnya hanya nekat yang tanpa pengetahuan memadai tiba-tiba saja turun ke tengah-tengah lapangan permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Sang pembaca kehidupan adalah orang yang mampu mensinergikan teori dengan praktek sekaligus tanpa meremehkan satu dengan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar