Selasa, 17 Februari 2009

Perang "Dunia Baik-baik" Melawan Kerja Sama Dunia Kejahatan

Resensi

Perang "Dunia Baik-baik"
Melawan Kerja Sama Dunia Kejahatan

Data Buku:

Judul Buku: Mafia Global:
Sebuah Ekspose Mega- Kejahatan Dunia Masa Kini

Judul Asli: Global Mafia:
The New World Order of Organized Crime

Pengarang: Antonio Nicaso dan Lee Lamothe

Penerjemah: Tim Grafitipers

Penyunting: H. B. Supiyo

Penerbit: Grafitipers Jakarta

Tahun Terbit: Cetakan Pertama 2003

Jumlah Halaman: 271 + xxi

Buku mengenai mafia global ini merupakan karya luar biasa yang berusaha mengungkap kejahatan mafia internasional yang sangat terorganisir. Melalui buku ini sidang pembaca tercerahkan dengan fakta bahwa kejahatan mafia masa kini tidak lagi berjalan sendiri-sendiri.

Masyarakat dunia selama ini memandang para mafia bekerja sendiri-sendiri, memperebutkan pengaruh, dan mendapatkan bagian yang sebesar-besarnya. Ternyata semua pandangan itu kini sudah tidak relevan lagi.

Kelompok kejahatan sekarang sudah tidak lagi mengenal batas wilayah, ruang, dan waktu. Antar geng itu kini semakin solid dalam menjalin kerja sama untuk membentuk jaringan kejahatan yang semakin canggih dan terorganisir.

Kejahatan terorganisir dan memiliki manajemen yang rapih akan mengalahkan kebenaran yang berjalan tanpa perencanaan yang kokoh. Oleh karena itulah untuk melawan jaringan mafia global, Liliana Ferraro, seorang pejabat senior dalam Kementerian Kehakiman Italia, pada suatu wawancara dengan media mingguan Eropa, The European di bulan November 1994, menyerukan kerja sama internasional untuk melawan dan memerangi kejahatan internasional terorganisir itu.

"Dengan menyatukan semua negara ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran bahwa kejahatan terorganisir tidak bisa lagi dihadapi dengan undang-undang nasional saja." (hal. xix).

Dua pengarang buku ini, Antonio Nicaso dan Lee Lamonthe dalam pengantar buku setebal 271 halaman ini menganggap mempersonalisasi dan melokalisir globalisasi kejahatan, serta mempelajari kerja sama antar kelompok di dunia kejahatan adalah lebhi penting daripada melakukan penelitian teoritis.

Secara garis besar buku ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama memaparkan "para pemain" yang terlibat dalam mafia global. Dan, bagian kedua menjelaskan "permainannya".

Para pemain yang dimaksud penulis buku antara lain:
1. Kelompok-kelompok mafia Italia.
2. Kelompok-kelompok kejahatan Rusia dan Eropa Timur.
3. Kelompok-kelompok kejahatan Asia, dan
4. Kelompok-kelompok kejahatan Kolombia.

Terbitnya buku ini, oleh dua pengarangnya diharapkan sebagai langkah awal yang mampu menginspirasi perang melawan mafia global. "Perang melawan kejahatam terorganisir harus dimulai dari dalam benak masyarakat. Seperti pertempuran dalam setiap perang, tanpa kehendak masyarakat, ia tidak akan pernah berlangsung." (hal. 256).

Jika dunia kejahatan bisa bekerja sama, mengapa "dunia baik-baik"tidak? (hal. 258).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar