Jumat, 03 April 2009

Ada Orang Menulis...

Jumat, 030409

Ada Orang Menulis...

Oleh: Mohamad Istihori

Ada macam-macam orang menulis, pertama, ada orang menulis, yang menjadikan tulisannya sebagai topeng belaka.

Artinya, dia menulis buku, mengarang puisi, atau ngisi blog pribadi tentang kebenaran, cinta, kesetiaan, universalitas, nilai-nilai moral, dan agama agar orang lain menilai, menyangka, dan menduga bahwa dia orang pintar serta soleh.

Padahal kelakuan, kepribadian, dan karakternya sangat jauh dari segala apa yang selama ini ia tuliskan.

Kedua, ada orang menulis hanya sekedar menulis tok. "That's all". Nggak lebih, nggak kurang.

Hal itu ia lakukan karena untuk sekedar iseng-iseng atau karena sudah tugasnya menulis. Maka menulisnya tanpa memiliki nilai penghayatan dan pengalaman langsung dengan yang ia tuliskan.

Ketiga, ada orang menulis karena ia ingin sekali menggali segala hikmah dari peristiwa apa saja yang ia alami, dengar, lihat, rasakan, dan bayangkan untuk kemudian dia cari formula/rumusan terapannya agar segala yang telah ia tuliskan benar-benar bisa ia komunikasikan dan aplikasikan dalam kehidupan pribadinya.

Kalau di kemudian hari tidak ada seorang pun yang mengikuti buah karya pemikirannya, maka yang ia yakini dengan tulisannya itu hanya satu:

Bahwa warisan intelektualnya yang berupa tulisan itu pasti akan bermanfaat untuk diri, keluarga, anak-anak dan cucu-cucunya kelak, sahabat-sahabat hidupnya yang setia, dan siapa saja yang mau bergabung dalam lingkaran cinta dan keikhlasannya untuk terus menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar