Rabu, 22 April 2009

Taman Surga Para Pencari Ilmu

Senin, 200409

Taman Surga Para Pencari Ilmu

Oleh: Mohamad Istihori

Perumpamaan sebuah majelis ilmu itu adalah bagaikan taman di surga. Bagi orang yang memiliki tanah luas, biasanya membuat taman sebagai pekarangan rumahnya.

Kalau kita menyebut taman surga berarti sudah dekat dengan surga. Berarti orang yang rajin datang ke majelis ilmu sama saja dengan rajin mendekati atau merayu surga agar berkenan menerimanya.

Taman adalah lambang paru-paru sebuah kehidupan kota. Karena ia mencerna dan menyaring udara kotor menjadi bersih. Sama halnya dengan taman, majelis ilmu juga merupakan tempat di mana manusia mensucikan kembali hatinya.

Majelis ilmu adalah taman peristirahatan bagi jiwa-jiwa yang telah lelah bekerja seharian. Majelis ilmu adalah tempat mencari kedamaian dan ketentraman sebagaimana taman.

Maka saya heran juga melihat orang sekarang harus mengeluarkan uang ratusan juta untuk mencari hiburan yang dia harap bisa memberikan kedamaian. Padahal setiap malam digelar majelis ilmu tepat di sebelah rumahnya.

Tapi selama ini dia cuek aja. Paling-paling rajin keliling ikut majelis ilmu pas mau nyalonin gubernur aja. Eh begitu udah jadi gubernur diundang majelis ilmu nggak pernah datang. Yang datang paling-paling yang mewakilinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar