Selasa, 21 April 2009

Kepada Siapa Kau Serahkan Hatimu Sepenuhnya?

Selasa, 210409

Kepada Siapa Kau Serahkan Hatimu Sepenuhnya?

Oleh: Mohamad Istihori

"Nih sobat ane kembaliin buku ente!" ujar saya kepada seorang sahabat yang sudah lama tak jumpa.

"Loh kok pake dikembaliin segala. Udah nih buku buat ente aje! Kayak ama siapa aja sih ente." kata sahabat saya.

"Ah nggak bisa kayak gitu dong. Kan awalnya ane bilang minjem ke ente. Bukan meminta atau memohon agar ente berkenan memberikan buku ini ke ane!"

"Iya itu kan kemaren. Sekarang ane berubah pikiran. Mulai sekarang sebagai pemilik buku ini, ane telah serahkan buku ini! Puas..puas..puas?"

"Oke deh kalo emang ente maksa kayak gitu, kalo ente emang udah memberikan buku ini ke ane sepenuhnya maka ane juga tenang, menerima dengan sepenuh hati, dan ane ucapin, 'syukron katsiron. Jazaakallahu khoeron katsiron'. Thank's banget sob!"

"Sama-sama"

"Eh gimana kalo ntar ente berubah pikiran lagi? Tiba-tiba meminta buku ini kembali?" tanya saya untuk menghilangkan keraguan yang terpendam.

"Nggak mungkin kali! Gila aje ente! Mana mungkin ane ngambil sesuatu yang udah ane berikan sepenuh hati ke orang lain?" jawab sahabat lama saya berusaha meyakinkan keraguan yang diam-diam terpendam.

"Loh bagaimana kalo buku ini kita ibaratkan hati?" pancing saya untuk memancing ilmunya.

"Maksud ente?" tanyanya penuh penasaran.

"Gimana kalo pada awalnya, kita bilang udah nyerahin hati kita sepenuhnya ke seseorang yang selama ini kita anggap sebagai kekasih. Eh tahu-tahu kita tarik lagi hati kita itu untuk kita berikan kepada orang lain?"

"Itu namanya mengingkari hati nurani sendiri. Lagian ente pikir dong pake akal, mana mungkin sih ada orang udah bilang, 'Eh nih ane berikan hati ane sepenuhnya untuk ente seorang'.

Eh nggak tahunya itu hati yang udah dikasih ke kita dia ambil lagi terus malah dia kasih ke orang lain yang baru dia kenal. Kita yang udah kenal dengan dia sejak lama ditinggalkan begitu saja. Kasian deh lu!

Kalo niat awalnya ngasih, iya kasih. Kalo niat awalnya minjem, iya balikin dong punya orang. Jadi orang mesti jelas kenapa.

Jangan niatnya minjem buku orang eh nggak dibalik-balikkin. Malah itu buku kita akuin sebagai miliki kita. Itu nggak tahu malu namanya.

Jadi mulai sekarang kita hidup harus jelas, 'Kepada siapakah sebenarnya akan kau serahkan hatimu sepenuhnya?" sahabat lama saya ini emang luar biasa. Dia ngomong cas-cis-cus kayak orang kesurupan. Tapi saya harus akui pemikirannya boleh juga untuk dijadikan renungan malam ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar