Selasa, 24 Maret 2009

"Malaikat Pembangkang"

Selasa, 240309

"Malaikat Pembangkang"

Malaikat adalah makhluk yang diciptakan dari cahaya, yang selalu taat kepada Allah. Segolongan malaikat yang membangkang disebut iblis.

"Loh (pertama) bukankah malaikat dan iblis diciptakan dari bahan dasar yang sangat berbeda. Malaikat dari cahaya sedangkan iblis dari api? Benarkah malaikat yang membangkan itu kemudian yang kita sebut iblis? "

"Loh (kedua) kok bisa gitu? Kok malaikat membangkang Allah? Katanya nggak punya hawa nafsu?"

Bisa aja. Kalau Allah mau emang kenapa? Allah itu berhak melanggar aturan yang telah Ia ciptakan sendiri.

Lagian malaikat kan juga ciptaan Allah. Itu malaikat mau diapain kek, terserah Allah dong.

Masih ingatkah kita akan sebuah riwayat yang menerangkan bahwa Malaikat Jibril "naik pitam" melihat Rosul berdarah kening dan kepalanya akibat dilempari batu dan kotoran unta oleh penduduk kota Thoif?

"Ya Muhammad seandainya engkau mau aku akan balikkan tanah yang mereka pijak sekarang. Yang atas jadi bawah dan yang bawah jadi atas?" ujar Jibril.

Rosul bersabda: "Fainnahum qoumul laa ya'lamuun."
"Mereka memperlakukan saya kayak gini itu karena mereka tidak tahu. Kalau sikap mereka selalu seperti itu kepada saya semoga saja keturunan mereka tidak."

"Kapan segolongan malaikat itu melakukan pembangkangan?"

Ketika Allah memerintahkan mereka untuk "bersujud" kepada Nabi Adam. Dalam surat Al Baqoroh Allah berfirman:
"Wa idz qoola robbuka lilmalaaikatis juduu li aadama fasajaduu illaa ibliis."
"Dan ingatlah wahai Muhammad, ketika Tuhanmu berfirman kepada seluruh malaikat: 'Bersujudlah kamu semua kepada Adam. Maka bersujudlah mereka semua kecuali iblis'."

"Lah kok yang disuruh sujud malaikat, tiba-tiba ada iblis yang tidak mau sujud? Kan yang disuruh sujud malaikat bukan iblis?"

Misalnya gini, "Dan ingatlah ketika rakyat Indonesia berkata kepada segenap wakil rakyat, 'Jujurlah kamu sekalian wahai wakil rakyat kepada kami rakyat Indonesia.' Maka jujurlah mereka semua kecuali koruptor".

Sekarang saya tanya, "Koruptor itu bagian dari wakil rakyat bukan?"

Iya tapi itu hanya awalnya saja. Ketika mereka tidak jujur dan tidak mampu mengemban amanah rakyat maka mereka tidak lagi layak disebut wakil rakyat. Karena sekarang mereka sudah punya nama yang lebih pas dan sesuai dengan perilaku dan kelakuan mereka yang mengkhianati amanah rakyat yaitu koruptor.

Nah sama, sekarang apakah pada awalnya iblis bagian dari malaikat? Iya tapi itu hanya pada awalnya saja. Tetapi ketika mereka tidak lagi patuh kepada perintah Allah maka sekarang mereka tidak layak dipanggil malaikat. Tapi yang pas adalah iblis.

Wallahu 'alam.
Allah-lah yang paling tahu atas semua itu. Kita manusia tugasnya hanya menafsirkan dan meneliti firman-firman-Nya. Mulai dari buaian sampai lubang kuburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar